Thursday 30 October 2014

TIPS MOTIVASI

Tips Motivasi

Tulisan ini saya tujukan untuk memotivasi diri saya sendiri dan seluruh pembaca. Semoga dapat memberi manfaat kepada semuanya yang telah berkenan membaca, merenungkan, kemudian mengamalkan.

6 Tips Motivasi
Secara ringkas, motivasi adalah semanagat pendorong untuk melakukan sesuatu. Berikut ini adalah beberapa tips motivasi yang semoga bermanfaat.

1. Selalu bersyukur akan apa yang kita dapatkan.
Mungkin hal ini adalah hal sederhana, namun sangat memotivasi diri kita saat sedang terpukul atau terjatuh dengan target-target yang sudah di nanti-nanti dan diharapkan untuk terjadi, tapi faktanya meleset. Pengungkapan syukur melalui 3 cara.
  • Dengan hati, lihatlah sekeliling kita yang ada dibawah kita. Yakin hal ini akan membuat hati kita lembut dan mensyukuri akan nikmat-nikmat yang oleh sebagian orang tidak dapat menikmatinya.
  • Dengan lisan, dengan mengucapkan alhamdulillah. Nikmat yang kita rasakan tidak akan kita peroleh tanpa ijin dari pemilik tubuh kita, pemilik jasad kita, juga pemilik ruh kita. Terus kita ini siapa? Kita adalah makhluk yang diberi pinjaman untuk dapat berkarya, dan membagikan kebahagiaan kepada orang lain.
  • Dengan perbuatan, Syukur dengan mebagikan kebahagiaan kepada orang lain. Rasakanlah kebahagiaan yang timbul saat kita dapat melihat kebahagiaan yang muncul melalui tangan kita. Ada rasa menyeruak dalam dada merasakan kebahagiaan meski buliran air mata mengalir tidak terasa. Jika kita pernah merasakannya, ulangi-ulangi dan ulangi.

2. Lakukan apa yang kita minati.
Hal ini akan memotivasi kita untuk melakukannya. Karena adanya kita merasa enjoy, dan dengannya tak akan merasakan bosan dan letih. Banyak dari Saudara kita yang bekerja karena sebuah tuntutan belaka, bukan karena mereka menikmati dan menyukainya. Dari hasilnya kita akan tahu mana yang bekerja karena menyukainya, atau bekerja dengan tuntutan. Orang yang bekerja dengan diikuti rasa senang, akan menambahkan detail-detail secara sukarela.

3. Jika tidak seperti yang kita inginkan.
Yakinlah pada diri sendiri, jika posisi ini adalah step awal menuju yang kita inginkan. Tentunya ada hikmahnya. Adapun keadaannya. Tetap lakukan yang terbaik yang kita bisa, karena itu memperlihatkan kualitas kita.

4. Cermati, perhitungkan dan tangkap peluang yang ada.
Setiap kita memiliki peluang-peluang menuju sukses. Namun hanya sedikit orang yang mampu memanfaatkan peluang itu. Terkadang kita melihat ada peluang, namun memiliki keterbatasan, misal keterbatasan modal, adanya interaksi, bersosialisasi, dan bertolong-menolong. Dengan bekerja sama tentu akan menghasilkan yang positif sesuai target dan keinginan bersama. Asah terus kemampuan untuk melihat peluang.

5.Berkumpul dengan orang baik dan memotivasi.
Prinsip ini sama dengan istilah penjual minyak wangi akan berbau wangi dengan sendirinya.

6. Selalu dekatkan diri kita dengan Agama dan Tuhan.
Adakalahnya suatu usaha mengalami pasang surut. Hambatan dan rintangan yang tak terduga-duga. Pastikan diri sendiri bahwa semua itu ada hikmahnya. Tidak mungkin Tuhan mengurangi nikmat tanpa melebihi hal yang lain. Tuhan maha adil jadi pastikan kita yakin dengan ajaran kita dan Tuhan kita akan menolong kita sekaligus menaikan drajat kita nantinya.

No comments:

Post a Comment