Thursday 30 October 2014

TAHUKAH ANDA BAHWA KEPRIBADIAN ANDA UNIK?

Tahukah Anda Bahwa Kepribadian Anda Unik?

Secara garis besar tipe kepribadian manusia dikelompokan dalam 4 tipe dasar yaitu?
  • Sanguinis yang popular ( pribadi yang mempesona tapi banyak bicara)
Kekuatan:
Spontan, lincah, periang, extrovert, optimis, kreatif, dan inovatif, mudah berteman, suka dipuji, dan suka humor.
kelemahan :
terlalu banyak bicara sehingga kadang tidak disukai orang, mementingkan diri sendiri atau egois, daya ingat terbatas, tidak tertib, dan tidak dewasa.

  • Melankolis yang sempurna( sangat perasa dan mudah tertekan)
Kekuatan:
Setia, tekun, introvert, pemikir, analistis, serius, artistik, dan musical, filosofis,puitis, rapi, perfeksionis, tertib terorganisir, ekonomis, suka diagram, bagan maupun grafik, hati-hati mendengar keluhan, menghindari perhatian.
Kelemahan:
Perasa, mudah sakit hati, mudah tertekan, citra diri rendah, menjadi musuh diri sendiri, merasa tidak aman, menunda-nunda, menghabiskan banyak waktu untuk perencanaan, mengajukan tuntutan yang tidak realistis.

  • Koleris yang kuat ( seorang yang dinamis tapi sok berkuasa dan tak sabar)
Kekuatan:
Suka bekerja keras, suka petualangan, persuasif, percaya diri, berbakat sebagai pemimpin, dinamis, aktif, berkemauan kuat dan tegas, bebas dan mandiri, bergerak cepat, mendelegasikan tugas.
Kelemahan:
Tidak bisa rileks, selalu pada posisi yang memegang kendali, yakin kalau dia yang paling benar, tidak ada toleransi, suka memanipulasi, tidak tahu cara menangani orang lain, sulit minta maaf, sulit mengakui kesalahan.

  • Phlegmatis yang damai ( mudah bergaul tapi tidak bersemangat)
Kekuatan:
tenang, ramah, pengamat, sabar, rendah hati, konsisten, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, tidak tergesa-gesa, tidak mudah marah, menghindari konflik.
Kelemahan:
Sulit berkomunikasi, kurang bersemangat, malas, tidak menyukai hal-hal baru, kurang motivasi, tidak berpendirian, sulit berkata tidak, sulit mengambil keputusan.

 

No comments:

Post a Comment