Wednesday 9 March 2016

CARA CEPAT MENGATASI KACER MBAGONG (kuda laut/mbedesi)

CARA MENANGANI KACER MBAGONG

JuaraKicau- Hello .. Salam sahabat kicau
Kacer merupakan burung bertipe petarung sejati, dimana ketika melihat burung kacer lain naluri bertarungnya langsung memuncak dan berusaha menjaga daerah teritorialnya dengan cara berkicau sekeras kerasnya. Namun dalam mencetak kacer jawara pastinya tak semudah yang dibayangkan, banyak masalah yang harus dihadapi salah satunya adalah Mbagong atau ngebalon.

Ketika burung kacer sering melakukan sikap mbagong ini saat bertarung banyak para kicau mania menyerah dan melempar burung untuk dijual segera dengan harga murah. Padahal sejatinya setiap kacer memang punya sifat mbagong secara alami tinggal bagaimana kita meminimalisir sifat itu agar tak muncul ketika di lapangan.

Kacer sendiri melakukan sifat mbagong yang mempengaruhi ada beberapa faktor seperti kacer yang masih muda tapi dipaksakan bertarung, perawatan kacer yang tak konsisten, mental kacer yang dropp, sedang stress ataupun sakit kurang fit ataupun over birahi.

Adapun cara ataupun hal yang perlu diperbaiki agar kacer tidak lagi mbagong.
Berikut cara cepat menangani kacer mbagong:
1. Pastikan umur kacer mapan atau 3 kali mabung ditandai dengan kaki yang mulai kering
2. Sehat dan fit, ditandai dengan tatapan mata yang tajam dan lincah dengan bulu rapinya
3. Lakukan perawatan secara konsisten dan tak berubah ubah termasuk junlah ekstra fooding hariannya
4. Kunci lainnya adalah lakukan pengumbaran atau masukan ke kandang berukuran besar agar burung bisa terbang dengan bebas sehingga seperti dialamnya ketika stress, lakukan pengumbaran 2 hari sekali selama 2 minggu atau kalau pingin cepat maka lakukan 4 hari berturut turut dalam 1 minggu.
5. Setelah melakukan umbaran maka imbangi langsung dengan melakukan mandi malam yang dilakukan antara jam 21.00-24.00 sesuai waktu yang anda inginkan selama 1 minggu
6. Setelah itu lakukan pengembunan bila perlu.

Setelah melakukan perawatan tersebut saya sarankan jangan lupa menggunakan Vitamin agar burung tetap terpenuhi nutrisinya, pemberian ekstra fooding tetap seperti biasanya.
Selamat mencoba semoga burung anda lekas kembali menjadi jawara

Semoga bermnafaat

No comments:

Post a Comment