Friday 25 September 2015

MANFAAT KERODONG BAGI BURUNG

MANFAAT KERODONG BAGI BURUNG

JUARAKICAU- Hello...salam kicau
Kerodong merupakan hal biasa digunakan oleh para kicaumania. Namun sering kali para kicau mania bangak yang menganggap kerodong hanya sebagai acessoris belaka. Padahal kerodong sendiri mempunya fungsi vital bagi burung kicau mania.

Apa fungsi kerodong bagi burung?

Perhatikan, Berikut fungsinya:
1. Bagi burung pemakan biji seperti kenari, lovebird ataupun parkit. Kerodonv merupakan hal yang seharusnya wajib digunakan karena berfungsi untuk menjaga kehangatan burung sehingga burung tetap fit walau dalam cuaca dingin dan ekstrem. Selain itu kerodong juga dapat berfungsi sebagai penghalang dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan bengkak dan berujung kematian pada burung.
Burung pemakan biji-bijian memang harus dijaga suhunya agar selalu hangat jika tidak burung akan terkena flu, dan malas bunyi.
2. Sedangkan untuk burung seperti cucak ijo, kacer, murai batu dan lainnya yang bertipe fighter, kerodong dapat berfungsi sebagai penghangat tubuh, mrnjaga kestabilan birahi , menghalangi pandangan burung dengan lawannga ketika persiapan lomba, sebagai penenang ketika diperjalanan agar tidak stress
3. Sedangkan khusus untuk burung cendet/ pentet, kerodong sering digunakan untuk menjemur. Iya.... kerodong pada burung cendet atau pentet memang sering digunakan oleh para penggemar burung untuk menjemur cendet. Hal tersebut di katakan dapat menaikan peforma burung, tingkat kegacoran yang baik, suara jernih dan keras. Sistemnya adalah cendet dijemur dengan posisi kandang/ sangkar terkerodong sehingga terasa seperti sauna, namun perlu diperhatikan didalam sangkar wajib terisi air karena didalam kondisinya panas.

Itulah beberapA fungsi sederhana bagi burung.
Semoga bermanfaat
Salam kicau mania

No comments:

Post a Comment